Sabtu, 10 Maret 2018

Sistem Informasi Manajemen - BAB VII




Nama      : Eki Taupik (16243009)
Jurusan  : Sistem Informasi


BAB VII
SISTEM INFORMASI PENDUKUNG DIDALAM
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

7.1 Sistem Pendukung Manajemen (MSS)
        Sistem pendukung manajemen atau Manajemen Support Sistem (MSS) mempunyai banyak jenis. Dalam hal ini keseluruhan dianggap sebagai MSS, TPS (Transaction Processing System), OA( Office Automation), DSS(Decission Support System)dan ESS(Executive Support System) adalah support MSS yang akan lebih menunjang eksistensi dapada SIM.
Sistem Pendukung managemen dibagi menjadi bagian-bagian :
  1. Accounting Information System
  2. Finance Information system
  3. Marketing Information system
  4. Production information system
  5. Personel Infromation system
  6. 6. Corporate information system
  7. Managemen Information System
Manajemen support system

MANAJEMENT SUPPORT SYSTEM


TPS
 OAS
MIS
DSS
ESS
Kunci
Simpan & Proses
Masalah Perkantoran
Mengumpulkan data
Analisis dan membuat keputusan
Intisari dan data dari luar
Pemakai
BO
MTM, Profesional
MTM, bid computer: Pemograman,pendesain, analis,pelatih dan perawat
MTM, semua departemen akuntansi , keuangan,pemasaran dsb
MTA
Alat
Paket program
Alat komunikasi modern
Bahasa computer, system operasi, dlll
Statistik,analisis, presentasi dan DBMS
Komnikasi presentasi dan DBMS
Sifat
Masuk data, proses,simpan,atur dan keluar
Komunikasi yang mudah dan terintegrasi
Masalah rutin, laporan,aplikasi dan pengaturan umum
Statistik,simulasi, daya hitungdan dapat dibangun sendiri
Kompleks,intisari, mudah pemakaiannya dapat online dan interaktif.

7.1.1     Sistem Pengolahan Transaksi (TPS)
        Transactin Processing System dalah sbeuah sebuah system yang digunakan untuk kepeluan transaksi sehari . Sistem ini sangat berguna untuk menghasilkan atau memproduksi data.
Pemakaian TP biasanya tidak memiliki kemampuan computer yang baik sehingga pemograman harus memenuhi beberapa kriteria antara lain
  1. Fool proof / taham banting
  2. User friendly / mudah digunakan.
  3. Memiliki perlengkapan interaksi (keluar atau masuk) yang tangguh, bukan mewah.
  4. Dipersiapkan untuk pekerjaan yang berulang dan sesuai dengan data atau informasi/ yang sebenarnya.
7.1.2  Otomasi Perkantoran (OAS)
Office automation System (OAS) memeiliki 3 tujuan yang harus diraih :
  1. Penggabungan dan penerapan teknologi
  2. Memperbaiki proses pelaksanaan pekerjaan dikantor
  3. MEningkatkan produktifitas pekerja dan efektifitas pekerjaan
Secara Fungsional , OAS dapat didefinisikan sebagai sebuah rencan untuk menggabungkan dan menerapkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktivitas pekerjaan dan efektivitas pekerjaan.
BEberapa Fasilitas OAS yang digunakan orang sebagai berikut :
  1. Word Processor
  2. Documen Manajemen
  3. Electronic mail
  4. Electronic Funds Transfer
  5. Voice Mailing system
  6. Voice information services
  7. Fax information services
  8. Video Conference

7.1.3   Sistem Pendukung Keputusan (DSS)
        Ciri-ciri serta keuntungan menggunakan DSS :
  1. Dapat menyelesaikan problem yang kompleks
  2. System dapat berinteraksi denga n pemakainya , sehingga dapat mencoba keputusa terlebih dahulu
  3. Lebih cepat dan dengan hasil yang lebih baik
  4. Menghasilkan acuan data untuk menyelesaikan masala yang dihadapi
  5. Untung masalah yang berulang, DSS dapat memberi keputusan dengan lebih efektif meski tidak efisien.
  6. Fasilitas mengambil data dapat memberi beberapa manajer dapat berkomunikasi dengan baik
  7. Meningkatkan produktivitas dan control dari manajer
  8. Membantu bermacam macam bagian manajemen
  9. DSS didesain mudah dipakai
Proses yang menggunakan DSS memiliki beberapa komponen, anatara lain:
  1. Dialog
  2. Model
  3. Database
  4. Data

7.1.4     Sistem Pendukung Executive (ESS)
TUjuan Executive Support System adalh untuk mengintisarikan informasi dari bermacam sumber, lalu dipersembahkan pada manajer Tingkat Atas (MTA). Penerapan ESS yang benar dapat dimulai dari mempelajari apa saja yang dibutuhkan oleh seorang MTA da nada pula kebiasaan yang dimiliki olehnya. MTA biasanya membutuhkan informasi atas dasar Critical Success Factor(CSF). CSF adalah factor yng telah membuat sebuah organisasi berjalan menuju sukses.
Keunggulan ESS
  1. Dapat menyajikan informasi yang lebih relevan demi menghemat waktu MTA
  2. Dapat membantu MTA mengetahui lingkungan dengan lebih cepat, singkat dan lebih uptodate
  3. Dapat dibuat khusus (secara individu) sesuai dengan yang diminta (MTA) , serta sesuai kebudayaan perusahaan
  4. Mempunyai kemampuan grafik yang cukup, alat presentasi yang andal, serta menyajikan dan menonjolkan intisari data serta fasilitas untuk menampilkan data CSF kedalam berbagai bentuk dnegan lebih cepat.
  5. Dapat berkomunikasi dan membandingkan strategi dan realita agar dapat mengurangi jarang serta salah paham antara MTA dibawahnya.

7.1.5   Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
Sistem informasi Akuntansi melaksanakan aplikasi akuntansi perusahaan. Aplikaso ini ditandai denganvolume pengolahan data yang tinggi. Pengolahan data teridiri dari 4 tugas utama :
  1. Pengumpulan data
  2. Manipulasi data
  3. Penyimpanan data
  4. Dan penyiapan dokumen
SIA bertanggung jawab menyediakan informasi bagi tiap elemen lingkungan kecuali pesaing .

Load disqus comments

0 komentar